5 Jenis Alat Ukur yang Umum Digunakan

Instrumen Pengukuran – Alat ukur yang salah dalam penggunaannya akan mengakibatkan kesalahan pengukuran. Untuk itu, pengguna baru alat ukur tertentu perlu membaca pedoman penggunaan alat ukur terlebih dahulu.

Ada berbagai jenis alat ukur yang memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa alat ukur umum digunakan oleh masyarakat umum dan beberapa alat ukur lainnya digunakan oleh sekelompok orang tertentu saja.

Pada artikel ini akan disajikan berbagai jenis alat ukur dan fungsinya beserta gambar-gambarnya yang kami rangkum dari situs wikielektronika.com supaya memudahkan anda lebih mengenal alat pengukuran yang mungkin akan anda gunakan suatu saat nanti.

Macam Macam Alat Ukur yang Sering Digunakan

alat pengukuran
Via : https://wikielektronika.com

1. Higrometer (Alat Ukur Suhu)

Higrometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kelembaban suatu ruangan. Biasanya alat ini digunakan di tempat-tempat yang memperhatikan kelembaban seperti di industri makanan, untuk mencegah kelembaban tinggi yang mengakibatkan tumbuhnya jamur pada makanan.

2. PH Meter (Pengukur pH air)

pH meter digunakan untuk mengukur pH suatu bahan. pH disini adalah tingkat keasaman atau kebasahan suatu bahan. Cara penggunaannya cukup dengan mencelupkan elektroda pH meter (yang berbentuk seperti pulpen) ke dalam objek seperti terlihat pada gambar.

3. Speedometer (Alat pengukur kecepatan)

Speedometer adalah alat pengukur kecepatan pada kendaraan yang biasanya dalam satuan km/jam. Alat musik ini dapat ditemukan pada kendaraan bermotor. Ada dua jenis speedometer, yaitu tipe analog dan digital.

4. Anemometer (Alat pengukur arus angin)

Anemometer adalah alat pengukur kecepatan angin suatu tempat. Pengukuran kecepatan tersebut kemudian digunakan oleh badan meteorologi geofisika atau badan prakiraan cuaca untuk memprediksi cuaca di masa depan. Baling-baling berbentuk mangkuk akan berputar ketika angin kencang dan kemudian diubah oleh instrumen menjadi nilai kecepatan.

5. Altimeter (Alat pengukur tinggi)

Altimeter digunakan untuk mengukur ketinggian di atas permukaan laut. Alat ini digunakan dalam pendakian, penerbangan, terjun payung atau kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian. Saat ini altimeter sudah bisa dipadukan dengan jam tangan sehingga multifungsi bagi para pendaki.

Nah itulah 5 jenis alat ukur yang bisa menambah wawasan pengetahuan Anda. Masih banyak sekali alat ukur yang belum disebutkan dalam artikel ini seperti misalnya pada alat ukur panjang. Ragam alat ukur panjang bisa anda ulas melalui artikel berikut ini : alat ukur panjang.

Bahkan di masa depan, dimungkinkan untuk menemukan alat ukur baru yang belum pernah diprediksi sebelumnya. Sekian dan semoga bermanfaat!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *