Analisis Input & Output Pada Tabel Kebenaran Gerbang Logika

Gerbang Logika Dasar – Melanjutkan artikel sebelumnya yang mengulas informasi mengenai rangkaian listrik seri dan paralel, kali ini akan kami sajikan materi teknik elektro lainnya yang membedah seputar Tabel kebenaran gerbang logika.

Sebelum berbicara tentang tabel kebenaran gerbang logika, penting untuk mengetahui latar belakang bilangan biner & desimal. Kita semua tahu bilangan desimal yang kita gunakan dalam perhitungan sehari-hari seperti 0 hingga 9.

Sistem bilangan semacam ini termasuk basis-10. Dengan cara yang sama, bilangan biner seperti 0 dan 1 dapat digunakan untuk menandakan bilangan desimal dimanapun basis bilangan binernya adalah 2.

Pentingnya menggunakan bilangan biner di sini adalah untuk menandakan posisi switching sebaliknya posisi tegangan komponen digital. Di sini 1 mewakili sinyal Tinggi atau tegangan tinggi sedangkan “0” menentukan tegangan rendah atau sinyal rendah. Oleh karena itu, aljabar Boolean dimulai. Setelah itu, masing-masing gerbang logika dibahas secara terpisah yang berisi logika gerbang, tabel kebenaran, dan simbol khasnya.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika

gambar tabel kebenaran gerbang logika
Gambar tabel kebenaran gerbang logika

Menurut refrensi artikel yang kami kaji dari wikielektronika.com, rangkaian gerbang logika dapat dinyatakan dengan menggunakan metode yang umum dikenal sebagai tabel kebenaran gerbang logika. Tabel ini mencakup semua kombinasi keadaan logika input baik tinggi (1) atau rendah (0) untuk setiap terminal input gerbang logika melalui level logika output yang setara seperti tinggi atau rendah.

Rangkaian gerbang logika NOT ditunjukkan di atas dan tabel kebenarannya memang sangat mudah Tabel kebenaran gerbang logika sangat kompleks tetapi lebih besar dari gerbang NOT. Tabel kebenaran setiap gerbang harus mencakup banyak baris seperti ada kemungkinan kombinasi eksklusif untuk input. Misalnya, untuk gerbang NOT, ada dua kemungkinan input 0 atau 1, sedangkan untuk gerbang logika dua input, ada empat kemungkinan seperti 00, 01, 10 & 11.

Untuk gerbang logika 3 masukan, terdapat 8 kemungkinan masukan seperti 000, 001, 010, 011, 100, 101, 110 & 111. Oleh karena itu, diperlukan tabel kebenaran yang terdiri dari 8 baris. Secara matematis, jumlah baris yang diperlukan dalam tabel kebenaran setara dengan 2 dipangkatkan no. dari terminal i/p.

Baca Juga : Jangka Sorong

Analisis Input & Output Tabel Gerbang Logika

Sinyal tegangan di sirkuit digital diwakili dengan nilai biner seperti 0 & 1 dihitung mengacu pada ground. Kekurangan tegangan terutama menandakan “0” sedangkan keberadaan tegangan suplai DC penuh menandakan “1”.

Gerbang logika adalah jenis khusus dari rangkaian penguat yang dirancang terutama untuk tegangan level logika input dan output. Sirkuit gerbang logika paling sering dilambangkan dengan diagram skematik melalui simbol eksklusif mereka sendiri, alih-alih resistor dan transistor esensial mereka.

Sama seperti Op-Amp (penguat operasional), koneksi catu daya ke gerbang logika sering salah tempat dalam diagram skema untuk kepentingan kesederhanaan. Ini mencakup kemungkinan kombinasi level logika input melalui level logika output tertentu.

  • Untuk Gerbang AND – Jika kedua inputnya tinggi maka outputnya juga tinggi
  • Untuk Gerbang OR – Jika minimal satu input tinggi maka outputnya Tinggi
  • Untuk Gerbang XOR – Jika satu input minimum tinggi maka hanya output yang tinggi
  • Gerbang NAND – Jika satu input minimum rendah maka outputnya tinggi
  • Gerbang NOR – Jika kedua input rendah maka outputnya tinggi.

Gerbang logika universal seperti gerbang NAND dan gerbang NOR dapat diimplementasikan melalui ekspresi boolean apa pun tanpa menggunakan jenis gerbang logika lainnya. Dan, mereka juga dapat digunakan untuk merancang gerbang logika dasar apa pun.

Selain itu, ini banyak digunakan dalam sirkuit terpadu karena pembuatannya sederhana dan hemat biaya. Desain gerbang logika dasar menggunakan gerbang universal dibahas di bawah ini.

Rangkaian Universal Gerbang Logika

gambar gerbang logika
Simbol gerbang logika

Gerbang logika dasar dapat dirancang dengan bantuan gerbang universal. Ini menggunakan kesalahan, sedikit tes jika tidak, Anda dapat menggunakan logika Boolean untuk mencapai ini melalui persamaan gerbang logika untuk gerbang NAND serta gerbang NOR.

Di sini, logika Boolean digunakan untuk menyelesaikan output yang Anda butuhkan. Dibutuhkan beberapa waktu tetapi diperlukan untuk melakukan ini untuk memahami logika Boolean serta gerbang logika dasar.

Desain Gerbang NOT menggunakan NAND

Perancangan gerbang NOT sangat sederhana dengan hanya menghubungkan kedua input sebagai satu.

Desain Gerbang AND menggunakan NAND

Perancangan gerbang AND menggunakan gerbang NAND dapat dilakukan pada output gerbang NAND untuk membalikkannya & mendapatkan logika AND.

Desain Gerbang ATAU menggunakan NAND

Perancangan gerbang OR menggunakan gerbang NAND dapat dilakukan dengan menghubungkan dua gerbang NOT menggunakan gerbang NAND pada input NAND untuk mendapatkan logika OR.

Desain Gerbang NOR menggunakan NAND

Perancangan gerbang NOR menggunakan gerbang NAND dapat dilakukan hanya dengan menghubungkan gerbang NOT lain melalui gerbang NAND ke output daya gerbang OR melalui NAND.

Desain Gerbang EXOR menggunakan NAND

Yang ini agak rumit. Anda berbagi dua input dengan tiga gerbang. Output dari NAND pertama adalah input kedua ke dua lainnya. Akhirnya, NAND lain mengambil output dari dua gerbang NAND ini untuk memberikan hasil akhir.

Gerbang Logika Dasar menggunakan Gerbang NOR

Perancangan gerbang logika dasar menggunakan gerbang NOR dibahas di bawah ini.

Gerbang NOT menggunakan NOR

Perancangan gerbang NOT dengan gerbang NOR sederhana dengan menghubungkan kedua input menjadi satu.

Gerbang OR menggunakan NOR

Perancangan Gerbang OR dengan gerbang NOR sederhana dengan menghubungkan pada output daya gerbang NOR untuk membalikkannya & mendapatkan logika OR.

Gerbang AND menggunakan NOR

Perancangan gerbang AND menggunakan gerbang NOR dapat dilakukan dengan menghubungkan dua gerbang NOT dengan gerbang NOR pada input NOR untuk mendapatkan logika AND.

Gerbang NAND menggunakan NOR

Perancangan Gerbang NAND menggunakan gerbang NOR dapat dilakukan dengan hanya menghubungkan gerbang NOT lain melalui gerbang NOR ke output gerbang AND dengan NOR.

Baca Juga : Mikrometer Sekrup

Gerbang EX-NOR menggunakan NOR

Jenis koneksi ini agak sulit karena dua input dapat dibagi dengan tiga gerbang logika. Output gerbang NOR pertama adalah input berikutnya ke dua gerbang yang tersisa. Akhirnya, gerbang NOR lain menggunakan dua keluaran gerbang NOR untuk memberikan keluaran terakhir.

Refrensi : https://www.elprocus.com/basic-logic-gates-with-truth-tables/

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *