|

5 Jenis Alat Pengukuran Mikrometer Sekrup & Bagian Bagiannya

Arsitektur Pendidikan – Pada artikel inikita akan mempelajari apa itu mikrometer dan jenis-jenis pengukur mikrometer sekrup beserta bagian-bagiannya, ketelitian pengukuran, cara membaca dan tentunya cara kerja mikrometer sekrup.

Mikrometer Sekrup Adalah?

mikrometer adalah

Pengertian Mikrometer sekrup adalah alat ukur presisi, digunakan untuk mendapatkan pengukuran yang sangat halus dan tersedia dalam versi metrik dan imperial. Mikrometer metrik biasanya mengukur dalam peningkatan 0,01 mm dan versi imperial dalam 0,001 inci.

Pengukuran yang mereka berikan bisa lebih akurat daripada yang diberikan oleh alat pengukur lain seperti kaliper dial atau kaliper vernier, tetapi sangat bergantung pada perawatan pengguna.

Keakuratan mikrometer dikonfirmasi ke DIN 863 Suhu referensi – 20°C sesuai dengan DIN 863. Gaya pengukuran – Gaya yang diberikan oleh penggerak ratchet pada permukaan pengukuran harus antara 5 hingga 10 N.

Jenis Jenis Mikrometer Sekrup

1. Mikrometer Kaliper Luar

mikrometer external

Mikrometer atau mikrometer samping digunakan untuk mengukur dimensi komponen kecil untuk akurasi yang lebih besar. Ini memberikan pembacaan langsung dan dibuat dalam berbagai pola yang sesuai dengan aplikasi tertentu.

Di bawah ini ditunjukkan susunan umum mikrometer luar dan berbagai bagiannya. Terlepas dari jenis atau ukuran mikrometer luar, mereka mengandung bagian-bagian dasar seperti:

  • Bingkai
  • Landasan dan poros
  • Pengemudi ratchet
  • Bidal dan laras
  • Menyesuaikan Kacang.

Seperti yang kita ketahui bahwa ulir ulir diputar oleh thimble yang menandakan adanya putaran satu sisi. dan seluruh putaran dihitung pada laras instrumen.

Sekrup memiliki timah 0,5 mm dan bidal dan laras bergradasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Karena pitch sekrup start tunggal dari mikrometer metrik standar adalah 0,5 mm dan pembagian barel terpisah 0,5 mm, satu putaran bidal akan memindahkan jarak satu divisi barel.

Karena bidal memiliki 50 pembagian dan satu putaran bidal sama dengan 0,5 mm, maka pergerakan satu pembagian bidal adalah 0,/50= 0,01 mm.

2. Mikrometer Kaliper Dalam

mikrometer dalam

Mikrometer jenis ini, tidak memiliki rangka dan spindel berbentuk U. Ujung pengukuran dibentuk oleh rahang dengan permukaan kontak yang dikeraskan dan digiling hingga radius.

Satu rahang dipegang diam di ujung yang kedua bergerak dengan gerakan bidal. Sebuah mur pengunci disediakan untuk memeriksa pergerakan rahang bergerak. Ini digunakan untuk memeriksa dimensi internal kecil. Kisarannya dari 5 hingga 50 mm. Hal ini tidak begitu banyak digunakan.

Bagian dari Mikrometer Kaliper Dalam :

Mikrometer dalam digunakan untuk pengukuran dimensi internal yang lebih besar. Ini terdiri dari empat bagian:

  • kepala pengukur atau unit mikrometer
  • Batang Ekstensi.
  • Kerah jarak.
  • Menangani

3. Mikrometer Pengukur Kedalaman

mikrometer kedalaman

Mikrometer jenis ini digunakan untuk mengukur kedalaman lubang. Pengukur kedalaman mikrometer digunakan untuk mengukur kedalaman lubang, slot, dan area tersembunyi.

Ia memiliki satu bahu yang bertindak sebagai permukaan referensi dan dipegang dengan kuat dan tegak lurus terhadap garis tengah lubang.

Untuk rentang pengukuran yang besar, batang ekstensi dapat digunakan. Sekrup pengukur kedalaman mikrometer memiliki jangkauan 20mm atau 25mm.

Panjang karies pengukur kedalaman mikrometer dari 0 hingga 225mm. Batang dimasukkan melalui bagian atas mikrometer. Batang ditandai setelah setiap 10mm sehingga dapat dijepit pada posisi apa pun.

4. Mikrometer Duduk ( Bangku)

mikrometer bangku

Prinsip mikrometer bangku menggunakan teknik pembesar yaitu, celah 0,01 mm antara landasan setara dengan lebar pembagian bidal sekitar 1 mm.

Jadi jarak sebenarnya diperbesar kira-kira 100 kali. Semakin besar diameter bidal, semakin besar kemungkinan modifikasi.

5. Mikrometer Khusus

mikrometer khusus

Prinsip dasar mikrometer tetap sama bahkan untuk mikrometer tujuan khusus, tetapi berdasarkan aplikasinya diklasifikasikan menjadi,

  • Mikrometer Ulir Sekrup.
  • Mikrometer Vee-Anvil.
  • Mikrometer Ketebalan.

Prinsip Kerja Mikrometer Sekrup

mikrometer adalah

Mikrometer sekrup bekerja berdasarkan prinsip sekrup dan mur. Ini memungkinkan Anda melakukan rotasi aksial dari struktur seperti laras, juga dikenal sebagai Thimble, yang digunakan untuk mengukur jarak objek.

Sekrup mikrometer dilekatkan pada bidal, yang merupakan silinder pekat, dilekatkan pada mikrometer. Keliling bidal dibagi menjadi bagian mikrometer yang sama untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Ketika sekrup disetel melalui mur dengan gerakan melingkar, gerakan aksialnya akan sama dengan pitch sekrup yang digunakan dalam mikrometer khusus.

Derajat putaran sekrup akan secara langsung atau tidak langsung berkorelasi dengan nilai absolut gerakan aksial.

Sejumlah gerakan aksial tertentu dapat diperkuat dalam arah melingkar yang dihasilkan dengan menggunakan diameter sekrup yang sebenarnya.

Nilai aksial dapat dikurangi dan dapat meningkatkan akurasi dengan mengurangi pitch ulir sekrup. Jenis mikrometer tertentu dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Daftar Pustaka :

https://wikielektronika.com/mikrometer-sekrup/

https://ppjp.ulm.ac.id/journal/

https://jurnal.ar-raniry.ac.id/

https://www.scribd.com/document/

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *