Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli

Pencemaran Udara – Pengertian pencemaran udara, pencemaran udara atau biasa disebut polusi udara adalah kondisi yang kehadiran satau atau lebih substasi kimia, fisik, atau biologi di atmosfir dalam jumlah di atas batas normal atau bisa dibilah berbahaya.

Berbahaya bagi kesehatan manusia, makhluk hidup seperti hewan, dan tumbuhan dan mengganggu estetikan dan perusakan property.

Pencemaran udara (polusi udara) yaitu perusakan terhadap kualitas udara yang disebabkan dari bermacam – macam sumber sepertia sumber biologis atau pun non-biologi.

Polusi udaha bersumbet dari berbagai macam yaitu asap kendaraaan, asap pabrik, limbah industry, limbah rumah tangga dan lain sebagainya.

Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli

pencemaran udara

Berikut pengertian pencemaran udara menurut para ahli :

• Wisnu arya (1995)
Pencemaran udara (polusi udara) adalah bercampurnya berbagi macam gas yang tidak tetap maka dari itu berbagai macam gas tersebut menggangu kehidupan atau strerial udara.

Udara menjadi sebagaian atmosfir yang ada di sekeliling bumi yang berfungsu sangat penting untuk kehidupan. Udara mengandung oksigen untuk bernafas, karbondioksida untuk proses fotosintesis oleh khlorofil daun dan ozo untuk menaha sinar ultra violet.

Komposisi udara bersih dan kering yang dikemukakan wisnu arya kira – kira tersusun dari bermacam – macam jenis gas, yaitu nitrogen 78,09 %, oksigen 21,94%, argon 0,93% dan karbondioksida 0,032%.

Jika susunan udara mengalami perubahan baik dalam sekala besar atau kecil dari keaddan normal dapat dipastikan mengganggu jaringan kehidupan di bumi.

Baca Juga : Jangka Sorong

• Kumar
Pencemaran udara (polusi udara) adalah adanya bahan polutan di atmosfir dalam konsentrasi tertentu menggangu keseimbangan dinamik atmosfir dan mempunuyai efek kepada manusia dan linkungan.

• Corman
Pencemaran udara (polusi polusi) 3 pross yaitu atrisi, penguapan dan pembakaran. Dari ketiga proses pencemaran udara tersebut, pembakaran proses yang paling dominan dalam kemampuannya menimbulkan bahan polutan.

Penyebab Pencemaran Udara

Berikut penyebab pencemaran udara akan di sebutkan dengan poin – poin di bawah :

• Lalu lintas
Di era modern kendaraan termasuk menjadi kebutuhan penting untuk menunjang kegiatan keeseharian. Apabila dulu rata – rata orang menggunakan transportasi umum untuk menunjang kegiatan kesehariannya kini tak sedikit orang menggunakan kendaran probadi seperti mobil maupun motor.

Penikatan pembelian motor dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang sangat tinggi ini menibulkan dampak kemacetan di jalan. Ta hanya itu kendaraan mesin menjadi salah saru penyebab pencemaran udara. karena kendaraan bermoteor menggunakan bahan bakar diesel atau bensin untuk dijadikan energi agar bisa berjalan.

• Pembangkit listrik
Pembagkit listrik konvensional measih menggunakan batu bara, minyak, gas sebagai bahan untuk menghasilkan energy listrik. Proses pembakasarn tidak sempurna menghasilkan gas berbahaya yang menyebabkan pencemaran udara.

• Letusan gunung api
Lutasan darri gunung berapi bisa mengakibatakn pencemaran udara, abu vulkanik yang bertaburan dimana – mana, abu vulkanik tersebut mengandung logam, seperti timah, tembaga, seng, krom besi, dan silica. Udara yang bercampur abu vulkanik yang dapat menggangu pernafasan manusi.

• Industry atau pabrik
Terdapat banyak pabrik yang berdiri disetiap kota, serobong asap pabrik mengepulkan asap sisa pembakaran hamper setiap harinya. Ada industry yang menghasilakn polusi yang bebahaya yaitu industry pembuatan plastic, semen, aluminium, baja dan kimia. Korbon monoksida, hidrokarbon dan senyawa organic yang dihasilkan pabrik akan menimbulkan efek rumah kaca yang mengakibatkan pencemaran udara.

Baca Juga : Mikrometer Sekrup

Dampak Pencemaran Udara

Dampak pencemaran udara yang buruk sebagai berikut :

• Menggangu kesehatan pernafasan lebih tentunya.
• Terjadianya hujan asam
• Pemanasan global
• Mangganggu pertumbuhan tananaman

Refrensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara

https://disperkimta.bulelengkab.go.id/

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *