Perdagangan Internasional – Pengertian, Teori, Kebijakan & Manfaatnya

Perdagangan InternasionalPada kesempatan kali ini tak sedikit membahasa tentang perdagangan internasional baik dari pengertian, teori dan kebijakan yang telah disusun melalu makalah perdagangan internasional sebagai berikut.

Pengertian perdagangan internasional yaitu pedagangan antar Negara bisa berupa barang atau pun jasa dan mempunyai perjanjian dan kesepakatan bersama.

Perdagangan internasional biasanya dilakukan untuk meningkatkan pendapatan Negara dan memenuhi kebutuhan Negara tersebut. Pihak yang melakukan Perdagangan internasional bisa individu, perusahaan atau pemerintah.

Secara umum pengertian perdagangan internasional yaitu proses penukaran barang antar Negara yang dilandasi dengan kesepakatan bersama dikarenakan Negara tersebut belum mampu memproduksi bararang untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Teori Perdangan Internasional

perdagangan internasional

Setelah mengetahui tentang Perdagangan Internasioal sekarang saatnya untuk membahas teori perdagangan internasional yang memiliki 2 teori perdagangan internasional yang mendasar sebagai berikut :

  1. Teori Keunggulan Mutlak

Teori perdagangan internasional yang menyatakan bahwa akan memberikan keuntungan kepada Negara yang memproduksi dengan harga yang jauh lebih rendah dari pada Negara lain. Seperti contoh berikut :

Produk Negara A Negara B
Meja 10 meja/jam 3 meja/jam
Kursi 2 meja/jam 11 kursi/jam
  1. Teori Keunggulan Komparatif

Teori perdagangan internasional yang menyatakan bahwa melakukan kegiatan dagang berdasarkan produk yang paling efisien dan produktif dalam pembuatannya. Meskipun antar Negara tidak mempunyai keunggulan mutlak dalam memproduksi barang. Seperti contoh berikut :

Produk Negara C Negara D
Meja 5 meja/jam 2 meja/jam
Kursi 2 meja/jam 2 kursi/jam

Dapat kita lihat pada contoh tersebut meskipun Negara C lebih unggul dalam pembuatan meja bisa jadi dalam produksi menghabiskan biaya yang cukup besar dari pada Negara C, maka dari itu antar Negara bisa melaukan perdagangan internasional dikarenakan biaya produksi selisah cukup banyak.

Kebiajakan perdagangan internasional di buat karena sudah meluasnya hubungan ekonomi antar Negara untuk mempengaruhi barah, struktur, komposisi, dan bentuk maupun kegiatan perdagangan internasional antar Negara.

Kebijakan Perdagangan Internasional

Kebijakan perdagangan internasiaonal bisa berupa larangan impor, kuota, dumping, tariff dan lainnya. Ada 3 kebijakan perdagangan internasional antara lain :

  1. Kebijakan Politik Proteksi

Yaitu kebijakan perdagangan yang dibuat pemerintah untuk melindungi usaha dalam negeri yang sedang berkembang dari persaingan barang impor. Kebijakan ini dapat dilakukan dengan cara menetapkan tarif dan bea masuk, subsidi biaya produksi usaha dalam negeri, dumping, kuota pembatasan impor dan pelarangan impor.

  1. Kebijakan Politik Autarki

Yaitu kebijakan perdagangan yang dibuat untuk melindungi Negara dari pengaruh Negara lain seperti pengaruh ekonomi, politik dan militer.

  1. Kebijakan Politik Dagang Bebas

Yaitu kebijakan perdagangan yang dibuat untuk melakukan perdagangan bebas antara lain seperti suatu Negara melakukan spesialisasi dalam memproduksi barang yang mengakibatkan Negara tersebut memiliki keunggulan komparatif dibanding Negara lain.

Manfaat Perdagangan Internasional

Selain untuk memenuhi kebutuhan Negara yang belum bisa di produksi sendiri dengan melakukan perdagangan internasional suatu Negara mendapatkan beberapa manfaat perdagangan internasional diantaranya :

  1. Menjalin persahabatan antar Negara
  2. Membuka lapangan pekerjaan di sebuah Negara
  3. Memajukan perekonomian suatu Negara
  4. Menambah devisa Negara
  5. Memajukan teknologi antar Negara maju dan berkembang

Selain maanfaat perdagangan internasional tersebut ada beberapa faktor pendorong perdagangan internasional yang mengharuskan suatu Negara melakukan perdagangan internasional diantaranya :

  1. Pasar bebas
  2. Perbedaan kondisi geografis
  3. Peningkatan teknologi informasi
  4. Ketersediaan sumber daya alam
  5. Penghematan biaya untuk produksi

Adapun faktor pendorong perdagangan internasional, perdagangan internasional sendiri memiliki tujuan perdagangan internasional yaitu :

  1. Mempertahankan stabilitas harga barang ekspor
  2. Pertumbuhan ekonomi
  3. Melindungi produk dalam negeri
  4. Mengenal produksi luar negeri

Dilihat dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa melakukan perdagangan internasional memberikan banyak keuntungan dan memiliki tujuan perdagangan internasional yang beragam disetiap negaranya. Semoga makalah perdagangan internasional ini dapat bermanfaat dengan hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *