Perbedaan Rangkaian Listrik Seri dan Pararel

Ilmu Elektronika – Ada dua jenis Rangkaian yang ditemukan di rumah dan perangkat umum lainnya; yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Rangkaian Seri

Rangkaian Seri – Rangkaian seri terdiri dari beberapa perangkat, masing-masing terhubung satu demi satu hanya dalam satu loop besar. Padahal, perangkat yang berbeda memiliki tegangan yang berbeda di atasnya, arus yang sama mengalir melalui setiap perangkat dalam rangkaian seri.

Jika salah satu perangkat dalam rangkaian seri rusak, seluruh rangkaian gagal. Misalnya, jika ada tiga bola lampu yang dihubungkan secara seri, hanya dalam satu loop kabel yang terhubung ke baterai. Jika satu bola lampu dibuka, seluruh rangkaian gagal.

rangkaian listrik seri dan pararel

Rangkaian Pararel

Rangkaian Paralel —Dalam Rangkaian paralel, perangkat yang berbeda diatur sedemikian rupa sehingga satu sumber memasok tegangan ke loop kawat yang terpisah. Tegangan di setiap perangkat di Rangkaian persis sama, tetapi secara umum perangkat yang berbeda akan melihat arus yang berbeda. Dalam hal ini, setiap perangkat akan berfungsi bahkan jika yang lain gagal.

Misalnya, jika dua bola lampu dihubungkan secara paralel dan salah satunya dilepas, yang lain akan berfungsi. Lampu pohon Natal modern dibuat dalam rangkaian paralel sehingga bahkan jika satu lampu padam, seluruh untaian tidak harus dibuang.

Sistematisasi Hubungan antara Rangkaian Listrik – Hukum Kirchhoff

Perilaku sistematis Rangkaian sangat penting dalam teknik listrik dan dijelaskan oleh Hukum Kirchhoff. Hukum pertama menyatakan, “Energi yang dihasilkan oleh sumber sama dengan energi yang dikonsumsi dalam rangkaian, termasuk panas yang hilang sebagai akibat dari hambatan.”

Hukum kedua menyatakan, “Arus yang mengalir ke setiap persimpangan sama dengan jumlah arus yang mengalir keluar dari persimpangan itu.” Ini berarti bahwa arus adalah elektron yang mengalir melalui kabel dan jumlah elektron yang mengalir ke persimpangan sama dengan jumlah elektron yang mengalir keluar dari persimpangan itu.

Apakah Berbagai Bentuk Energi Listrik Pada dasarnya Sama?

Michael Faraday melakukan survei sistematis yang cermat terhadap semua jenis listrik yang berbeda ini. Dia mampu menunjukkan bahwa semua bentuk listrik yang berbeda ini menghasilkan jenis fenomena yang persis sama dan dihasilkan dari pergerakan elektron.

Faraday menyimpulkan bahwa semua bentuk energi menghasilkan bunga api, dapat mengalir melalui kabel, dan dapat dibuat untuk melakukan kerja. Penelitiannya juga menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa listrik hewan dari belut listrik, listrik yang berasal dari baterai, dan listrik petir adalah fenomena yang sama.

Arus dan Daya Rangkaian Listrik

Aliran atau pergerakan elektron melalui rangkaian listrik disebut arus listrik. Arus diukur dalam ampere. Satu ampere sama dengan sekitar 6 miliar elektron yang melewati satu titik di Rangkaian itu setiap detik.

Istilah penting lainnya yang terkait dengan rangkaian listrik adalah pada point listrik dan juga daya. Daya didefinisikan sebagai usaha dibagi waktu. Dalam rangkaian listrik, daya sama dengan tegangan arus, diukur dalam watt. Semakin tinggi watt, semakin cepat energi yang dikonsumsi oleh benda itu, baik itu bola lampu, amplifier, atau perangkat listrik apa pun.

Pertanyaan Terkait Rangkaian Seri dan Pararel

T: Bagaimana bola lampu di senter menyala?

Ketika arus mengalir melalui filamen yang sangat kecil, ia memanas hingga suhu yang sangat tinggi karena hambatan listrik. Hal ini menyebabkan filamen menyala terang dan, dengan demikian, bola lampu di senter bersinar.

T: Bagaimana sekring dan pemutus Rangkaian membantu?

Sekering dan pemutus Rangkaian dirancang untuk mencegah peralatan listrik rusak karena kelebihan beban. Sementara sekering perlu diganti setelah kelebihan beban, pemutus Rangkaian hanya perlu disetel ulang.

T: Apa itu arus listrik?

Aliran elektron melalui rangkaian listrik disebut arus listrik dan diukur dalam ampere.

T: Mengapa rantai lampu pohon Natal di masa lalu menjadi tidak berguna bahkan jika satu bohlam padam?

Lampu pohon Natal di masa lalu adalah rangkaian jenis rangkaian di mana jika satu bohlam tidak berfungsi, seluruh rangkaian akan gagal. Namun, lampu pohon Natal modern mengikuti prinsip Rangkaian parallel

Refrensi : wikielektronika.com

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *